21 tempat objek wisata di sumatra barat

Home Traveling

           21 Daftar Tempat Wisata Yang Kunjungi
                       
Daerah Sumatra Barat memang tidak bisa di anggap remeh soal tempat wisatanya.Banyak tempat wisata yang indah di sana yang banyak belum si ketahui sebagian orang.Jika kamu datang mengunjungi Sumatra Barat,jangan lupa untuk memasukan beberapa daftar tempat wisata ini di list tempat yang akan kamu kunjungi.


1.Jenjang Seribuu





Jenjang Seribu great wall adalah objek wisata di Sumatra Barat uang terdapat di Bukit Tinggi,tidak hanya jam gadang yang ada di Bukit Tinggi.Jenjang seribu Great Wall ini di sebut juga dengan Tembok besar Chinanya Sumatra Barat.Biasanya mereka yang berkunjung ke Sumatra Barat akan singgah ke tempat objek wisata yang satu ini.Jika datang ke sini,jangan lupa pastikan staminamu dalam keadaan baik dan janganlah lupa bawak minuman.Karna Jenjan seribu ini mempuyai panjang sekitar 1 km.Tempat wisata ini berdekatan dengan Goa Jepang.Panorama di sini juga sanagat mengagumkan,fenomena alam berupa pengakatan lempaeng patahan-patahan yang menjulang membentuk bukit ini merupakan fenomena geologi yang begitu luar biasa.


2.Goa Jepang





Tempat wisata di Sumatra Barat yang selanjutnya yaitu Goa Jepang.Lokasi Goa atau Lubang Jepang ini bersebelahan dengan Jenjang Seribu.Lobang Jepang ini adalah bangunan sejarah peningalan Jepang pada saat penjajahan  Jepang di Bukit Tinggi.Lobang ini adalah sebuah Penjara sekaligus Markas Pertahanan Penjajah Jepang yang didirikan pada tahun 1942-1945.Pembangunan Lobang Jepang di lakukan lewat cara Romusa atau kerja paksa.Lobang Jepang memiliki luas sekitar 2 hektar,di dalamnya kamu akan di tuntun dengan menuruni tangga  yang sudah dibangun.Lorong-lorong yang ada di dalamnya memberikan tempat-tempat sesuai dengan keperluan nya masing-masing.

3.JamGadang

 


 Setelah itu, kamu dapat pergi ke Jam Gadang untuk menikmati liburan di Kota Bukit Tinggi. Jam Gadang adalah salah satu ikon wisata di Sumatera Barat yang harus kamu kunjungi. Jam yang mempunyai nilai histori tinggi ini telah ada sejak jaman penjajahan Belanda dulu. Jam Gadang sendiri mempunyai luas 13 x 4 meter serta tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat. Bagian paling atas dari jam gadang adalah tempat penyimpanan bandul jam yang pada tahun 2007 silam pernah patah karena gempa besar yang melanda Sumatera Barat termasuk juga Bukit tinggi. Uniknya, dari jam ini yaitu angkanya. Apabila angka empat romawi umumnya ditulis dengan simbol IV, tapipada jam gadang angka IV ditulis dengan IIII, dan ini bukan hal yang lazim. Di sekitar jam Gadang, kamu dapat menemukan Pasar Bukit Tinggi yang begitu terkenal dengan harga barangnya yang murah meriah, apalagi bila kamupandai menawar serta membelinya dalam jumlah banyak.


4.Pantai AirManis


  


Saat ini pemerintah Kota Padang tengah menggencarkan pemugaran pantai Padang. Pantai Padang menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat yang harus dikunjungi. Untuk menjangkau Pantai Padang cukup mudah, kamu pergi ke pusat Kota. Orang Padang menyebut Pantai Padang dengan sebutan TAPLAU (TAPI LAUIK). Panorama disini begitu indah sekali. Ombaknya juga cukup menantang bila kamu hobi berselancar. Beragam cemilan dapat dinikmati disini, seperti jagung bakar, masakan laut, udang kepiting, bermacam minuman dan lain sebagainya.


5.Pantai Gandoriah


 

 Pantai Gondoriah adalah salah satu pantai yang populer dengan tradisi tabuiknya yang dilakukan setiap bulan Muharram. Pantai Gondoriah initerdapat di Pariaman. Kamudapat menuju pantai ini dengan memakai kereta api dari Kota Padang, dengan harga tiket 3500 saja. Di sekitaran pantai ini banyak pedagang makanan berjualan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Daya tarik lain dari Pantai Gandoriah ini yaitu kamu dapat leluasa menikmati garis pantainya, baik dengan memakai kendaraan roda dua, roda empat, maupun berjalan kaki. Hal itu didukung lengkapnya fasilitas di sekitaran Pantai Gandoriah, termasuk sarana jalan yang menghubungkan antara Pantai Gandoriah dengan beberapa objek wisata pantai yang ada di sekelilingnya, seperti Pantai Cermin, Pantai Kata dan yang lain. Tak kalah indahnya saat matahari terbenam serta temaram senja menjemput malam, seolah menyulap panorama di sekitaran Pantai Gandoriah makin menawan.


6.Pulau Mentawai





Kepulauan Mentawai,Destinasi wisata di Sumatra Barat yang yelah Go Inyernasional yaitu kepulauan Mentawai.Ada banyak Resort di sini.Kabaupaten mentawai mempuyai pesona uang begitu mengagumkan.Pantai nya menjadi salah satu surga untuk para pecinta selancar.Kepulauan Mentawai ini mencangkup 4 Pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut,Pulau Pagai Utara,serya Pulau Pagai Selatan.Siberut merupakan pulau paling besar,dan satu-satunya Pulau yang mempuyai layanan reguler
Yang menghubungkan Sinerut dengan Pulau Sumatra terutama Padang.Sebagai suatu Pulau terbesar,pusat kota serta administrasi mentawai juga terdapat di Pukau ini,tepatnya di Kota Tuapejat yang letaknya ada di sebelah Utara.Tercatat kurang lebih 400 titik Surfing di Kepulauan Mentawai,mulai dari ombak yang sedang hingga ombak yang paling  menantang yang di cari peselancar yang poppuler dunia.
Desa bosua merupakan salah satu diantara tujuan para peselancar yang populer di dunia dengan ombak memcapai 3 meter.Namun hati-hati dengan Pantainya yang agak berkarang.Mentawai juga menewarkan objek wisata trekking ke hutan pedalaman tropis yang masih sangat asri dan alamidengan beragam Satwanya yang hidup di dalamnya.
Sementara penduduk setempat yang di kenal dengan mesyarakat Mentawai masih tradisional serta memegang teguh tradisi mereka.Desa-desa budaya yang masihlah menjaga adat serta budayanya yang asli antara lain Desa Madobak,Desa Ugai,serta Desa Matotonan.
Untuk menuju Kepulauan Mentawai dapat di akses dengan memakai kapal motor yang melayani penuebrangan dari Padang ke Mentawai.Atau bila mempuyai biaya lebih bisa dengan menyewa pesawat kecil yaitu Tiger Air atau SMAC keTuajepat di pulau Sipora dari Bandara Inyernasional Minangkabau.(BIM)

7. Puncak Langkisau


 


Puncak Langkisau adalah salah satu objek Wisata yang berada di Painan salah satu wisata yang populer dengan pantainya yang menawan.Nah kamu dapat menikmati kehindahan alam Pesisir Selatan dari atas bukit langkisau.Bukit Langkisau menjadi salah satu tempat wisata di Sumatra Barat yang yidak boleh kamu lewatkan.Disini kamu dapat menikmati fasilitas seperti,Paralayang serta Flying fox.Bila sore hari kamu dapat menikmati kehindahan laut yang menguning karena matahari terbenam


8.Pantai Carocok

 


Pantai carocok salah satu objek wisata yang ada di Painan(PesisirSelatan)yang yifak boleh kamu lewatkan karna kehinndahan nua yang begitu mengagumkan.Disini kamu dapat menikmati bermacam permainan yang menantang seperti jetski,banana boat,,ekstrem game,flying fox fan masih banyak lagi uang tidak dapat saya sebutkan semua.Pantai Carocok Painan terdapat di sebuah kecamatan 4 juarai.Untuk mencapai ke pantai Carocok dari Kota Padang,kamu harus menempuh perjalanan 2 jam berkendara,Lokasi ini berhadapan dengan 2 buah pulau yaitu Pulau kereta dan Pulau Cingkuak,dari kejauhan juga terlihat Pulau Semangki fengan Panorama nya yang indah,pasir yang putih dan air nya yang bersih.


9.Puncak Lawang



Puncak Lawang adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Maninjau.Kita bisa menempuh perjlanan sekitar 20 menit dari Kota Bukittinggi menuju Mutur sebelum Danau Maninjau.Dari sini,Kamu akan melihat panorama danau di kelilingi perbukitan yang begitu indah serta bisa membuat mu takjub akan kebesaran Allah.Disini kamu bisa mencoba  berolahraga paralayang yang menantang,menuruni bukit serta berkeliling di atas danau Maninjau.


10.Danau Maninjau


 

Nah,dari Puncak Lawang tadi kita dapat melihat Danau Maninjau yang danaunya yang begitu jernih sambil menikmati kuliner khas daerah Maninjau yaitu rinuak.Danau Maninjau terdapat di kecamatan Tanjung Raya,Kabupaten Agam,Propinsi Sumatra Barat.Danau ini ini terletak 140 km sebelah utara Kota Padang,36 km dari Bukittimggi,dan 27 km dari Lubuk Basuang.Danau Maninjau merupakan Danau vilkanik berada di ketinggian  461,50 meter di atas permukaan laut dengan luasnya sekitar 99,5 km serta mempuyai kedalaman maksimun 495 meter. Menurut cerita warga setempat Cekunganya terbentik lantaran letusan gunung yang bernama Sitinjau,hal ini tampak dari bentuk bukit sekitar danau yang mirip
 Seperti dìnding.menurut ceriata orang Minang  Danau meninjau berhubungan erat dengan cerita Bujang  Sembilan.

11.Lembah Anai


 


Air terjun Lembah Anai adalah salah satu objek wisata di Sumatra Barat yang begitu populer.Objek wisata ini selalu ramai di kunjungi saat akhir pekan,saat libur dan apalagi di saat Hari Raya Idul Fitri.Tempatnya yang ada di pinggir jalan lintas Padang-Padan Panjang(Bukitinggi) menjadikan objek wisata ini sangat mudah sekali di yemukan atau di jangkau bagi siapa yang pengen berlibur dan menikmati suasana alam.Air terjundengan ketinggiansekitar 40 meterini mempuyai debit yang besar,airnya yang jernih gan dingin.Untuk masuk kita hanya mengeluarkan uang sebesar RP.2000 atau 3000 saja.

12.Istana Pagaruyung

 

Sumatera Barat begitu terkenal dengan warganya yang masih melindungi serta menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya. Salah satu peninggalan budaya masyarakat minangkabau yaitu Istana Pagaruyung, atau Istano Basa. Yang letaknya di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini adalah obyek wisata budaya yang populer di Sumatera Barat. Istana ini mempunyai nilai histori yang sangat kental sekali, dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang memiliki ciri khas Minangkabau. Di dalam istana ada beberapa barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Pagaruyung merupakan kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Saat ini rumah gadang yang ada disana adalah tiruan dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar serta atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.

13.Danau Singkarak

 

Danau Singkarak yang terbentang luas,serta menjadi danau terluas kedua sesudah Danau Toba.Luas danau ini sekitar 107,8km.Danau ini mempuyai sejuta potensi yang dapat di kembangkan,salah satunya yaitu pembangkit listrk.Di danau ini juga ada di selengarakan festival Internasional yang dinamakan tour de singkarak yang di adakan satu kali dalam 2 tahun.Yang di hadiri berbagai pesepeda manca negara.

14.Lembah Harau

  

Teryata Sumatra Barat juga mempuyai Green Canyon yang indah.Lembah Harau namanya.Lokasinya dekat Kota Payakumbuh,dan lembah ini dia apit oleh dua bukit cadas yang yerjal dengan ketinggian kurang lebih 150 meter.Bentuk topografi dari Lembah Harau berbukit serta berhelombang,di sekitar Lembah Harau juga masih memiliki udara yang bersih serya pengunjung bisa lihat kehindahan slam.Di sekitar Lembah aharau ada tebing garanit yang terjal dan tinghi nya sekitar 80-300 meter.Pada lokasi wisata Lembah Harau terbagi dari dua tempat yakni Darasah Bunta yang terdapat 5 air terjun  dan kolam penampungan air terjun serta wisata lain.Yaitu akar berayun dan kolam berenang dengan keluarga,serta ada tempat  untuk berkemahLembah Harau ini memiliki kehindahan alam yang menakjubkan hinga di jadikan rute  baru dalam penyelegarakan lomba sepeda se Internasional yang di ikuti nerbagai negara di dunia yang dinamakan tour de singkarak.


15.Danau Kembar

 

Di sebut kawasan Danau Kembar,lantaran dua Danau,yakni Danau diatas serta danau di bawah,terdapat berdampingan yang jarak nya hanya kutang lebih 300 meter.Lokasi ini lebih dulu di kenal sebagai yempat wisata karena terdapat di yepi jalan raya Padang-Muaraolabuh-Kerinci.Pengunjung dapat melihat luasnya Danau di atas dengan bukit-bukit kecil yang di sebut bagian Bukit Barisan yang mengelilinginya.Tampak juga keramba ikan milik masyarakat setemlat.Sedangkan Danau di bawah di kelilingi beberapa bukit besar,tidak seperti danau di atas kita hanya melihat dari kejauhan dan tidak bisa  menyentuhkan tangan atau kaki ke air nya dan hanya bisa melihat kehindahan alam nya dari jauh.

16.Pantai Air Manih

 


Batu Malin Kundang di Pantai air manis siap yang tidak kenal dengan Legenda yang satu ini?Legenda ini sangat terkenal di masyarakat sampai manca negara lantatan anak durahaka yang di kutuk menjadi Batu karena melawan orang tuanya.Nah konon legenda itu terjadi di Padang Selatan,di Pantai Air Manis.Pantai aie manis terkenal dengan pantainya yang luas serta landai,saat pasang surut,wisatawan bisa menjangkau Pulau Pisang ketek yang letaknya kurang lebih 200 meter di depan dengan berjalan kaki ketika psang air laut surut.


17.Pulau Cubadak

  

Pulau Cubadak belakangan ini terkenal karena keindahan pantainya yang begitu menakjubkan. Pantai yang berlokasi di Pesisir Selarang ini sering disebut The Paradise of The South dengan luas 705 Ha dan dikenal dengan nama Pincuran Talu. Pulau ini terdapat di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berada di sebelah barat kampung Mandeh. Pulau Cubadak mempunyai pemandangan alam yang begitu indah dengan pasirnya yang putih bersih. Kelebihan lain Pulau Cubadak yaitu di sekelilingnya terdapat beberapa teluk, batu serta tanjung. Di pulau ini ada penginapan yang terbuat dari kayu, rotan, serta atapnya dari Daun Rumbia yang sudah dikelola dengan cara professional sebagai obyek wisata bertaraf internasional oleh investor Itali. Banyak aktivitas yang dapat dikerjakan di Pulau Cubadak seperti snorkeling, main canoe, berlayar atau hiking. Untuk yang hobi diving juga ada paket pengenalan diving selama sekitar 2 jam dimana pengunjungakan diajarkan langkah diving dengan singkat serta menyelam hingga kedalaman 5 meter. Juga ada kapal canoe untuk tamu yang ingin berkeliling menikmati hamparan laut biru Pulau Cubadak yang tenang.

18.Pulau Sikuai

 

Pulau ini berada di kepulauan mentawai. Lokasi pulau ini mempunyai luas sekitaran 40 Ha saja. Pantai di pulau Sikuai mempunyai ombak yang relatif kecil hingga untuk kamu yang mau berenang atau snorkeling sangat nyaman. Keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan, berupa terumbu karang serta ikan-ikan hias yang bermacam-macam ragamnya dapat kamu jumpai saat menjelajahi bawah laut Pantai Sikuai. Keindahan panorama sunset akan tampak indah apabila dilihat dari puncak pulau. Untuk menjangkau puncak pulau, pengunjungharus melalui anak tangga selama 30-45 menit.

19.Tirta alami

 

Pemandian alam ini sangatlah populer, lantaran tempatnya yang begitu indah, airnya yang jernih serta bersih.Tempat wisata Tirta Alami ini ada di Kandang Ampek, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman. Lokasi ini juga lebih dikenal dengan Anai Resort. Tempatnya terdapat di jalur lalu lintas Padang-Bukittinggi. Kolam pemandian di Tirta Alami ini sesuai sama namanya, ‘Alami’. Kolam-kolamnya juga terbuat dari batu alam, disamping itu airnya berasal dari mata air di Gunung Tandikek. Segar, dingin, serta yang pasti airnya bersih karena selalu mengalir.Untuk biaya mandi di kolam hanya dikenakan biaya Rp 10.000/orang.

20.Air Terjun Ngalai

 

Selain tirta alami, ada juga pemandian tirta nyarai yang ada di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Air Terjun yang dulunya tersembunyi di Hutan Gamaran ini sekarangmenjadi salah satu primadona wisata di Sumatera Barat. Bahkan juga nama Gamaran telah tersohor sampai ke skala nasional.


21.Air Terjun Timbalun

 

Air Terjun Timbulun ini berada di sebelah timur Kota Painan. Tepatnya di Kampung Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Air terjun ini cukup menarik untuk dikunjungi, lantaran air terjun timbulun ini mempunyai 7 tingkatan. Masing-masing tingkatan memerlukan kesabaran serta perjuangan untuk kamu mencapainya. Untuk beberapa pengunjung biasanya mencukupkan diri untuk sampai pada titik tingkatan kedua. Sebab, dari titik kedua ini sampai titik selanjutnya, medan yang ditempuh akan makin berat. Butuh perlengkapan mencukupi untuk ke tingkatan terakhir.

 Itulah beberapa tempat wisata di sumatera barat yang wajib kamu kunjungi ketika datang kesana. Mungkin tempat-tempat wisata ini hanyalah beberapa saja dari banyaknya tempat wisata yang ada di daerah Sumatera Barat.

 Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari lingkungan sekitar daerah tempat wisata yang kamu datangi ya, agar tempat wisata tersebut tetap asri dan terawat kelestariannya. Kalau tempatnya bersih kan kita juga tentunya yang akan senang datang kesana bukan? Apakah ada tempat yang menjadi favoritmu dan teman-teman? Atau ada tempat lain yang sering kamu datangi di daerah Sumatera Barat?

 By:Budi Chandra

 Bagi pengen liburan bersama keluarga bisa hubungi saya.. kami siapkan paket liburan murah..untuk informasi lebih lanjut hubungi:

No hp     :082278199402


Email     :budichandra1987@gmail.com
Website:http://blogircine.blogspot.com

Comments

pulau mentawai

Bagunan bersejarah di kota Mentok

Pulau Suwarnadwipa.

wisata pantai carocok