Bagunan bersejarah di kota Mentok

Bagunanan bersejarah di kota Mentok_
Mentok atau Muntok adalah sebuah kecamatan di Kabuapaten Bangka Barat(Kepulauan Bangka Belitung.Kalau anda pernah belajar sejarah,Kota Mentok tercatat sebagai kota pengasiangan para tokoh kemerdekaan pasca Agresi Militer Belanda di Yokyakarta pada tahun 1949.

Munkin kawan-kawan saya rasa juga sudah tahu siapa saja yang di asingkan pasca Agresi Militer Belanda di Yokyakarta.Di antaranya adalah Presiden soekatno dan Wakil nya M Hatta dan para Tokoh lainya yang gak bisa saya sebutkan satu persatu.Mereka di asingkan dengan alasan supaya terisolir dari pergaulan Dunia Internasional.

Itulah sepengal cerita sejarah yang dapat saya bagi ke kawan-kawan semua,agar bisa menambah wawasan kita dan agar dapat mengigat kembali betapa berat perjuangan para Pahlawan kita untuk membela Negara Kesatuan indonesia.

Nah sekarang agar kita mengingat kembali jasa para Pahlawan kita,mari kita kunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia diantaranya di kota Mentok.

Untuk menuju ke kota Mentok dari Pangkal Pinang memerlukan waktu 3 jam dengan jarak 138 kilo meter,melewati jalur darat dengan kendaraan.Selama di perjalanan kita tidak akan menemukan sesuatu yang menarik yang ada hanya hutan dan rumah penduduk.

              Inilah Beberapa Tempat atau Bangunan
                  Bersejarah Yang Ada Di Mentok

1.Museum Timah

 

Museum Timah Muntok di buka untuk umum pada tanggal 7 MAI 2013 bangunan ini merupakan warisan sejarah dan di buat pada zaman KOLONIAL BELANDA dan arsitertur nya khas Eropa.Museum ini dulunya berfungsi sebagai kantor divisi pertimahan Belanda.Bangunan ini sempat terabaikan sesudah upaya konservasi kemudian di jadikan museum oleh oleh PT TIMAH tbk.Di dalam meseum kuta bisa melihat berbagai macam barang yang brrnilai sejarah diantaranya,Alat pertambangan timah,Alat Tenun,Atribut prajurit pada masa Perang Dunia ke 2 tan benda lainya.

 2.wisma Ragam

    

Wisma Ragam adalah bangunan kuno begaya Eropa ini juga termasuk tempat pengasingan para tokoh kemerdekaan di Indonesia.Wisma Ragam di bangun pada tahun1827 oleh BANKA TIM WINNING(Perusahan Timah Belanda,dengan ukuran bangunan nya 32×15,6 meter bagian ruang utama dan 8x14 untuk bgian sayap.

3.Gunung Menumbing

   

Gunung Menumbing juga salah satu tempat pengasingan dan berada jauh di atas gunung.Untuk menuju kesana dari pusat kota mentok membutuhkan waktu sekitar 1 jam.selama perjalan menuju kesana kita akan melihat pemandangan yang indah di sana juga di sediakan penginapan dan lainya. 

           Itulah beberapa tempat bersejarah yang ada di mentok.bagi kawan kawan yang pengen mengunjungi nya bisa hubungi saya;
 
By;Budi Chandra
hp;082278199402
Twiter:@budichandra1987
http://blogircine.blogspot.com

Comments

pulau mentawai

Pulau Suwarnadwipa.

wisata pantai carocok